web analytics
Connect with us

Ekspresi

Sajak lan Geguritan

Published

on

geguritan

Oleh  Sekti Rokhani (Anggota P3A Sentolo, Kulon Progro)

1. Kuarungi samudera mimpi bersamamu
kupijakkan kaki teriring kasih
rasa ini tak pupus tertelan gelapnya malam
aku ingin tidur bersanding bayangmu

2. Apakah kau tahu?
Dalam tiap tarikan nafasku ada wajahmu
Apakah kau tahu?
Dalam tiap denyut nadi ini kau hadir
Apakah kau tahu?
Dalam hari-hariku kau buat aku mabur, walau aku tak minum
Dan apakah kau tahu?

Di relung hati ini ada ruang yang indah ‘tuk kita
Dan apakah kau tahu?
Di sini, di sudut hati kecilku, aku selalu menunggumu
Bersama lagi bagai waktu tempo dulu
Yah … dirimu tak dapat tergantikan oleh apa pun, siapa pun, sampai kapan pun

3. udan gerimis wengi iku
udan tangis wengi iku
aku lan sliramu ketemu
aku lan sliramu nunggal sawektu
aku lan sliramu napak’i woting kalbu
ajur jerjeraning jejeran Kamis ndalu

matahun-tahun kasimpen kasuntakno
jroning dodo
jroning pikir
ati lan lathi

branti kang dadi seksi
najan ndangu ra bakal lali

katresnanku janji-janji iku
nambah trenyuh atiku

wengi iku
duh … wengi iku
dene pepenggihan mujud’ake awal pepisahan

Jum’at, 15 Februari 2014
Plataran Branti kang Pungkasan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekspresi

Mitra Wacana Gelar Workshop Peacebuilding di SMA N 1 Depok Sleman

Published

on

Depok, Sleman – Mitra Wacana bekerja sama dengan Indika Foundation mengadakan workshop peacebuilding di SMA N 1 Depok Sleman pada hari Senin, 20 Mei 2024. Workshop ini diikuti oleh 50 siswa kelas X dan XI dan berlangsung dari pukul 08.30 hingga 12.00 WIB.

Kegiatan ini diadakan sebagai respons terhadap maraknya kasus kriminal yang melibatkan pelajar, seperti bulliying, perkelahian pelajar hingga tawuran antar sekolah. Tujuan utama workshop ini adalah untuk menciptakan peacebuilding di sekolah, melatih siswa untuk mengelola konflik dengan damai, dan mengajak para siswa untuk aktif mengkampanyekan peacebuilding di lingkungan sekolahnya.

Kegiata ini dibuka langsung oleh Bapak Basuki Jaka Purnama, S.Pd., M.Pd., dengan memberikan arahan kepada para siswa untuk aktif berdiskusi dengan para narasumber. “ pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini dan berharap setiap siswa bisa mendapat pengetahuan, wawasan dan memahami pentingnya peacebuilding di sekolah” Ujar Bp Basuki.

Workshop ini menghadirkan narasumber Muazim dan Wahyu Tanoto yang sudah menjalankan berbagai program untuk isu peacebuilding. Narasumber memberikan materi tentang konsep peacebuilding, teknik-teknik pengelolaan konflik, dan strategi untuk mengkampanyekan peacebuilding di sekolah.

Para peserta workshop terlihat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan peacebuilding. Setelah pemaparan materi dari narasumber kemudian seluruh peserta dibuat berkelompok untuk membahas tema seperti tawuran, perkelahian antar siswa, bulliying, Kekerasan berbasis gender online serta kekerasan dalam pacaran

“workshop hari ini membantu saya memahami peace building dan pentingnya peace building,” ujar Chatarina salah satu peserta workshop. “Kami belajar banyak tentang bagaimana menyelesaikan konflik dengan damai dan bagaimana menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua orang.”

Mitra Wacana berharap dengan adanya workshop ini, para siswa SMA N 1 Depok Sleman dapat menjadi agen peacebuilding di sekolah mereka.

“kami meyakini bahwa s

ekolah merupakan salah satu tempat untuk bertumbuh bagi siswanya, untuk itu kita perlu menciptakan kondisi sekolah yang damai, di mana semua orang dapat belajar dan berkembang tanpa rasa takut,” ujar Ruliyanto selaku Koordinator acara dari Mitra Wacana

Workshop peacebuilding ini merupakan salah satu upaya Mitra Wacana untuk membangun kesadaran bersama tentang pentingnya peacebuilding di lingkungan sekolah. Perlu Kerjasama dengan berbagai pihak baik dari siswa, guru, pemerintah maupun Ngo untuk menciptakan perdamaian.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending