Log In

Siapa Kami

Mitra Wacana WRC merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berkedudukan di Yogyakarta, yang bekerja melakukan transformasi informasi dan penguatan masyarakat berkaitan dengan issue-issu perempuan. Mitra Wacana didirikan pada bulan April 2006 oleh sekelompok aktivis yang bekerja pada LSM yang berbeda, dan memiliki visi yang sama, yakni menghapuskan diskriminasi dan ketidakadilan gender di Indonesia.

Pada awalnya, Mitra Wacana berbentuk forum. Anggotanya terdiri dari LSM di Yogyakarta yang concern pada issue perempuan. Dalam perkembangannya, mulai tahun 2005 demi merespon dinamika internal yang ada, Mitra Wacana merubah bentuknya dari forum menjadi perkumpulan. Anggota Perkumpulan terdiri dari individu-individu yang memiliki kepedulian yang sama terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh perempuan dan anak.

Lebih jauh, setelah melalui serangkaian analisis terhadap situasi terkini, untuk bisa menghasilkan informasi yang benar-benar bisa menggerakkan orang untuk melakukan perubahan, mulai tahun 2006, Mitra Wacana memutuskan untuk melakukan serangkaian pembaruan strategi perubahan. Yakni dengan melakukan intervensi secara langsung kepada kelompok perempuan dan komunitas di level akar rumput.

Bekerja bersama dengan keduanya menjadi penting mengingat persoalan perempuan, riil berada pada masyarakat di level paling bawah. Memfasilitasi meningkatnya kesadaran kritis masyarakat terutama perempuan tentang persoalan dan situasi ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya adalah upaya pertama yang kami lakukan. Memfasilitasi pembangun kapasitas perempuan untuk dapat mengakses sumber daya dan proses pengambilan kebijakan publik yang ada, berpartisipasi di dalamnya, hingga mampu melakukan kontrol atasnya, dan pada akhirnya mendapatkan manfaat, merupakan langkah berikut yang kami lakukan.

Strategi selanjutnya yang ambil adalah bekerja bersama dengan pemerintah untuk merespon beragam persoalan yang dihadapi oleh perempuan dan anak. Hal ini penting mengingat sesungguhnya memecahkan persoalan perempuan dan anak adalah kewajiban negara. Kerja sama dengan pemerintah ini diwujudkan dalam bentuk peningkatan kapasitas, baik bagi aparat maupun komunitas, juga mendorong pemerintah untuk dapat memproduksi regulasi yang berpihak kepada perempuan dan anak.

Strategi dua arah ini kami lakukan agar kehidupan yang menjunjung kesetaraan dan keadilan gender dapat benar-benar tercapai, terus berlanjut, dan terintegrasi dalam cara pandang serta perilaku komunitas dan aparat pemerintahan di semua level.

Visi dan Misi
Visi : Terwujudnya masyarakat yang adil, demokratis, pluralis dan egaliter.
Misi :
1. Memperkuat kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai keadilan dan kesetaraan gender
2. Membangun kelompok masyarakat yang demokratis, pluralis dan egaliter
3. Mendorong perubahan kebijakan yang adil gender dan egaliter

Issu-issu Utama yang Ditangani:

  • Trafficking Perempuan dan Anak
  • Kekerasan Berbasis Gender
  • Kekerasan Dalam Rumah Tangga
  • Kesehatan Reproduksi dan HIV-AIDS
  • Hak Asasi Perempuan dan Hak Anak
  • Buruh Perempuan
  • Perempuan dan Politik

Program Strategis:

  • Penguatan internal: optimalisasi mitra wacana sebagai women resource centre
  • Memfasilitasi berkembangnya Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A) sebagai kelompok perempuan di tingkat grassroot yang memiliki kapasitas penyadaran kritis komunitas di sekitarnya serta melakukan advokasi kebijakan
  • Pembaruan program-program kampanye/pendidikan

Kegiatan dan Layanan

Beberapa Program Strategis lembaga, kami turunkan dalam beberapa kegiatan sebagai metode pencapaian tujuan program, sebagai berikut:

  • Penyusunan Database issue perempuan dan anak
  • Workshop kajian issue
  • Pelatihan-pelatihan
  • Diskusi Komunitas Formal dan Informal
  • Diskusi Publik
  • Seminar
  • Talkshow Radio dan TV
  • Pembuatan Media Kampanye Partisipatif: Video Komunitas, Cerpen, Booklet, Pamflet, Bulletin, Papan Informasi Komunitas,  Website
  • Konseling Awal dan Rujukan Bagi Korban Kekerasan Berbasis Gender
  • Perpustakaan

Wilayah Kerja:

Pada dasarnya sekup wilayah kerja Mitra Wacana adalah di seluruh wilayah di Indonesia. Hanya saja prioritas wilayah kerja pada rentang 2009-2014 adalah sebagai berikut:
1. Kabupaten Bantul Prop. D.I. Yogyakarta
2. Kabupaten Kulonprogo Prop. D.I. Yogyakarta
3. Kabupaten Banjarnegara Prop. Jawa Tengah
4. Kabupaten Purworejo Prop. Jawa Tengah

Susunan Pengurus Harian Periode 2013-2015

Direktur : Rindang Farihah

Sekretaris : Astriani
Akunting : Elva Delvia Ratna Suminar
Kasir dan Kerumahtanggaan : Sony Marsana

Koordinator Media : Imelda Zuhaeda

Manajer Program Media: Arif Sugeng Widodo
Koordinator Pengorganisasian: Wahyu Tanoto
Koordinator Training dan Kajian: Enik Maslahah

Alamat: Pelemwulung No. 42 RT 06 RW 43 Gedongan Baru, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55198 Telp/ Fax: +62 274 451574

Web: Website : www.mitrawacana.or.id
E-mail : mitrawacanawrc@gmail.com/plip_mitrawacana@yahoo.com;

Contact Person: Rindang Farihah, Phone: +6281 733 6634

sukseskan asian paragames 2018