Connect with us

Sejarah

Mitra Wacana WRC adalah organisasi yang bergerak di isu perempuan dan anak untuk memperjuangkan keadilan gender. Mitra Wacana memiliki arti suatu organisasi yang bisa menjadi teman bepikir kritis terhadap perempuan dan anak. Sedangkan frasa WRC (Women Resource Centre) bermakna Mitra Wacana sebagai pusat pembentukan perempuan yang kuat yang berdaya dalam kehidupan. Penggunaan WRC, untuk menegaskan bidang kerja Mitra Wacana berkaitan dengan isu perempuan.

Mitra Wacana didirikan pada tahun 1996 oleh beberapa organisasi, beberapa diantaranya yaitu Serikat Bersama Perempuan Yogyakarta (SBPY), Rifka Annisa, Lembaga Studi Pengembangan Perempuan dan Anak (LSPPA), Yayasan Annisa Swasti (Yasanti),  Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI),  Lembaga Studi Tata Mandiri (Lestari), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta,  Yayasan Indriyanati (YIN). Pada awal terbentuknya Mitra Wacana merupakan forum dari beberapa LSM. Nama awal Mitra Wacana WRC adalah Pusat Layanan Informasi Perempuan (PLIP) Mitra Wacana. Pemakaian PLIP menekankan bahwa Mitra Wacana mempunyai perhatian terhadap persoalan akses dan layanan informasi perempuan dan anak. PLIP MItra Wacana tercatat di akte notaris pada tanggal 19 Mei 1997 sebagai Lembaga Pusat Layanan Informasi Perempuan Mitra Wacana dengan notaris Nukman Muhammad, S.H. MM.

PLIP Mitra Wacana berfungsi sebagai penyedia informasi dan data bagi anggota forum maupun individu serta organisasi lainnnya. Lembaga anggota forum berfungsi menyediakan informasi kepada PLIP Mitra Wacana berkaitan persoalan perempuan dan anak. Pada tahun 2000-2004 ada dinamika yang terjadi di dalam forum, yang pada akhirnya beberapa lembaga anggota forum memilih untuk keluar dari forum. Dengan adanya dinamika tersebut pada akhirnya PLIP Mitra wacana berubah bentuk menjadi perkumpulan dengan keanggotaan bersifat individu bukan organisasi dan berubah nama menjadi Mitra Wacana WRC. Perubahan tersebut terjadi pada tahun 2005. Dan baru tercatat di notaris pada tanggal 17 oktober 2012, atas nama notaris Pandam Nurwulan, S.H., M.H. Perubahan tersebut berdasarkan rapat dewan pengarah (dewan anggota) pada Selasa, 16 Juni 2009.

Gedongan Baru RT.06/RW.43 Pelemwulung No. 42 Banguntapan, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta 55198
Telpon: +62 274 451574 Email: plip_mitrawacana@yahoo.com or mitrawacanawrc@gmail.com
Copyright © 2019 Divisi Media Mitra Wacana