web analytics
Connect with us

Uncategorized @id

Sosialisasi TESA di Desa Hargorejo Kulon Progo

Mitra Wacana WRC

Published

on

sosialisasi telepon sahabat anak ft siti fata

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: < 1 menit

Pemerintah desa Hargorejo bekerja sama dengan BPPM (Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat) DIY tengah gencar melakukan sosialisasi Telepon Sahabat Anak (Tesa), mengingat kabupaten Kulon Progo merupakan kabupaten layak anak pratama. Acara yang berlangsung di balai desa Hargorejo ini menghadirkan narasumber dari BPPM DIY, Eko, Ririn dan Jabar yang dipandu oleh Majes Maestra pada Sabtu (12/2/16).

Ketua FPKK (Forum Perlindungan Korban Kekerasan) desa Hargorejo, Siti Nuraini dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan diselenggarakannya acara sosialisasi TeSA merupakan penyemangat untuk rintisan FPKK yang baru saja terbentu pada bulan April.
Dalam pemaparannya, Eko menjelaskan mengenai keberadaan satgas perlindungan anak, dengan harapan desa Hargorejo bisa mengirimkan minimal satu orang warga sebagai perwakilan dari FPKK untuk mengikuti pelatihan satgas perlindungan anak. Satgas ini nantinya bertugas untuk memperkuat Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Eko mengungkapkan.

Menurut Ririn, yang merupakan konselor P2TP2A Rekso Dyah Utami DIY mengungkapkan bahwa dalam struktur kepengurusan Rekso Dyah Utami terdapat empat bidang, yaitu; pengaduan, medis, rehabi;itasi sosial dan bidang hukum. Oleh karena itu apabila ada korban yang melapor kami akan identifikasi terlebih dahulu apa kebutuhan korban, supaya penanganannya tepat, ungkap Ririn.

Sedangkan mengenai TeSA dijelaskan oleh Jabar. Menurutnya TeSA merupakan sarana mempercepat pelaporan yang terjadi di masyarakat, khsususnya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Intinya, kami sebagai menghimbau kepada masyarakat untuk tidak segan melaporkan kepada kami, ungkapnya. Jabar meminta kepada masyarakat untuk melaporkan segala bentuk tindak kekerasan melalui nomor-nomor berikut. Untuk nomor WhatsAp aktif selama dua puluh empat jam; 087719292111. Sedangkan untuk jam layanan Setiap hari senin hingga Sabtu jam 08.00-17.00. Masyarakat juga bisa menelpon 129 untuk kebutuhan mendesak. (erna/tnt)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Opini

KONSTRUKSI MEDIA MASSA TERHADAP CITRA PEREMPUAN

Mitra Wacana WRC

Published

on

Sumber: Freepik

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 3 menit
TANTANGAN GERAKAN PEREMPUAN DI ERA DIGITAL

Lilyk Aprilia Volunteer Mitra Wacana

Di era globalisasi, media massa menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat baik digunakan sebagai alat untuk komunikasi, mencari informasi, atau hiburan. Media massa terus mengalami perkembangan dari yang mulanya konvensional hingga sekarang menjadi modern . Berbicara mengenai media massa tentu ada hal yang menjadikan media massa memiliki nilai tarik tersendiri terlebih jika dihubungkan dengan keberadaan perempuan.

      (Suharko, 1998)  bahwa tubuh perempuan digunakan sebagai simbol untuk menciptakan citra produk tertentu atau paling tidak berfungsi sebagai latar dekoratif suatu produk.  Media massa dan perempuan merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Terutama dalam bisnis media televisi. Banyaknya stasiun televisi yang berlomba-lomba dalam menyajikan sebuah program agar diminati oleh masyarakat membuat mereka mengemas program tersebut semenarik mungkin salah satunya dengan melibatkan perempuan. Perempuan menjadi kekuatan  media untuk menarik perhatian masyarakat. Bagi media massa tubuh perempuan seolah aset terpenting yang harus dimiliki oleh media untuk memperindah suatu tayangan yang akan disajikan kepada masyarakat sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

     Media massa memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai wadah untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Informasi yang diberikan kepada masyarakat salah satunya dalam bentuk iklan sebuah produk atau layanan jasa . Iklan merupakan sebuah informasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai hal yang berhubungan dengan suatu produk atau jasa yang dikemas dengan semenarik mungkin.  Memiliki tujuan untuk menarik minat konsumen membuat salah satu pihak menjadi dirugikan . Pasalnya pemasang iklan dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat sering kali memanfaatkan perempuan sebagai objek  utama untuk memikat para konsumen. Memanfaatkan wajah dan bentuk tubuh sebagai cara untuk menarik perhatian masyarakat membuat citra perempuan yang dimuat pada iklan terus menjadi sumber perdebatan karena dinilai menjadikan tubuh perempuan sebagai nilai jual atas produk yang ditawarkan . Ironisnya hal ini terus menerus dilakukan. 

         Memanfaatkan fisik sebagai objek untuk diekploitasi sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Terlihat dari citra perempuan yang digambarkan oleh tayangan iklan ataupun acara program televisi. Kecantikan perempuan dijadikan sebagai penghias tampilan dari suatu program acara. Dipoles sedemikian rupa untuk mendapatkan tampilan yang cantik kemudian dikonsumsi oleh publik. Demi untuk mengedepankan kepentingan media bahkan hak hak perempuan yang seharusnya dimiliki mereka dikesampingkan oleh media .  

     Selain sebagai wadah informasi untuk masyarakat media massa juga berfungsi sebagai hiburan.. Tayangan televisi yang sampai saat ini menempati rating tertinggi yaitu dalam kategori sinetron. Gambaran dalam tayangan tersebut banyak yang melibatkan perempuan dengan menggambarkan posisi perempuan selalu dibawah laki-laki. Tidak terlalu memperhatikan  pesan tersirat apa yang terkandung dalam tayangan tersebut, masyarakat terus-menerus mengkonsumsinya seolah tayangan tersebut tidak memiliki pesan yang bermasalah. Jika diperhatikan lebih lanjut banyak sekali peran perempuan yang digambarkan dari sisi lemahnya atau hanya melakukan pekerjaan domestik saja. Dengan begitu apa yang disajikan oleh media akan tertanam difikiran mereka sehingga menganggap pesan media massa sebagai realitas yang benar dan menjadi nilai yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 Kekuatan Media Massa Dalam Membentuk Citra Perempuan

      Media massa memiliki kemampuan dalam membentuk citra . Bermula dari gambaran atas kenyataan yang ada dimasyarakat kemudian dikembangkan dengan menggunakan bahasa yang mengandung makna baru  namun masih memiliki acuan terhadap fakta yang ada kemudian disajikan kepada masyarakat secara terus menerus.  Dengan begitu citra yang dibentuk oleh media massa akan mempengaruhi realitas kehidupan dimasyarakat. Mengingat minat masyarakat terhadap objektifikasi perempuan cukup tinggi, media massa berlomba-lomba membentuk citra perempuan yang sempurna untuk mencapai target pasar dengan menggiring opini publik dalam menetapkan standar ‘cantik’ menurut media. Perempuan kerap kali dijadikan alat oleh media massa sebagai ladang untuk mendapatkan keuntungan dengan menampilkan kemolekan dan kecantikan fisiknya. Konstruksi sosial pada citra perempuan yang terjadi pada media massa bukan lagi hal baru dan tabu, fenomena ini terus berulang seolah menjadi kebenaran dalam mengkotakkan citra perempuan. 

     Selain itu pembenaran yang terus dilanggengkan oleh media massa terkait citra perempuan menjadikan sudut pandang masyarakat berkiblat pada standar yang digaungkan media massa tersebut sehingga menjadi salah satu agen budaya yang berpengaruh terhadap realita di kehidupan masyarakat.  Penggambaran terhadap perempuan oleh media massa semakin memperjelas bahwa posisi perempuan diranah publik masih lemah.

Continue Reading

Who is Online

No one is online right now

Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending

Mari bergabung bersama Mitra Wacana

Silahkan bergabung dan menjadi bagian dari Mitra Wacana.
Akan ada penghargaan untuk tulisan yang terpilih.
Terima Kasih

Gabung