Log In

Tentang P3A (Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak)

Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A) merupakan wadah yang diciptakan oleh kelompok perempuan di tingkat desa sebagai media dalam melakukan kampanye dan advokasi kebijakan terkait issu kesetaraan dan keadilan gender.

P3A ini penting sebagai media belajar bersama, membangun kesadaran kritis, melakukan pendidikan, kampanye serta advokasi berbagai persoalan berkaitan dengan ketidakadilan gender di wilayahnya. P3A bisa melekat pada organisasi perempuan yang sudah ada, atau melekat pada organisasi baru inisiatif komunitas.

Melalui P3A, komunitas akan difasilitasi untuk melihat dan menganalisa berbagai persoalan dan potensi yang ada di sekitar mereka sendiri. Hasil analisa tersebut akan menjadi basis bagi mereka untuk merumuskan agenda perubahan.

Sampai dengan saat ini, lima komunitas telah berhasil menginisiasi terbentuknya P3A. Yakni dua P3A di Banjarnegara Jawa Tengah, dan tiga P3A di Purworejo Jawa Tengah.

Paguyuban Annisa dan Paguyuban Sutralosari merupakan dua P3A yang ada di Banjarnegara. Paguyuban Annisa terletak di Dusun Karangsaga Desa Badamita Kecamatan Banjarnegara. Sedangkan Paguyuban Sutralosari terletak di Kelurahan Kutabanjarnegara Kecamatan Banjarnegara.

Di Purworejo, AKPERAN, Srikandi, dan Gracia merupakan 3 P3A dimaksud. AKPERAN (Aktivis Perempuan Ngaran) terletak di Desa Ngaran Kecamatan Kaligesing. Srikandi terletak di Kelurahan Sindurjan Kecamatan Purworejo, dan GRACIA (Grabag Conseling Ibu dan Anak) terletak di Desa Grabag Kecamatan Grabag.

Anggota dari kelima P3A tersebut kebanyakan terdiri dari perempuan. Keanggotaan P3A terdiri dari perempuan miskin, perempuan korban kekerasan berbasis gender, aktivis perempuan setempat, dan beberapa laki-laki yang peduli terhadap persoalan kesetaraan dan keadilan gender.

Tagged under