web analytics
Connect with us

Uncategorized @id

Talkshow Kedaulatan Pangan

Published

on

Talkshow mengupas kedaulatan pangan. Foto: Tnt

Indonesia merupakan negara yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah ruah, termasuk sumber daya alam untuk kebutuhan pangan masyarakat Indonesia sendiri. Tetapi, sampai sekarang kebutuhan pangan masyarakat Indonesia lebih dominan untuk mengkonsumsi produk dari luar. Padahal sebenarnya masyarakat Indonesia dapat mengkonsumsi makanan yang diproduksi dari sumber daya alam sendiri.

Berkaitan dengan produk pangan, setiap tanggal 16 November masyarakat dunia memperingati sebagai hari Pangan Internasional. Dalam rangka hari pangan tersebut, Mitra Wacana WRC mengulas tentang Kedaulatan Pangan di Indonesia dalam talkshow pada Selasa (24/10/2017) di Radio Sonora FM, Yogyakarta. Talkshow yang berlangsung dari pukul 10.00-11.00 WIB tersebut mengadirkan narasumber dari Lembaga Konsumen Yogyakarta yaitu Saktya Rini Hastuti dan Silvia.

Menurut Saktya Rini Hastuti atau yang akrab disapa Tuti menyatakan bahwa “sebagai konsumen sebaiknya tidak hanya mengkonsumsi saja tetapi juga harus mengetahui hak-hak apa saja yang di miliki oleh konsumen terhadap produk yang dikonsumsi, maka dari itu bagaimana kita bisa menjadi konsumen yang cerdas. Yang mengetahui bagaimana proses awal pembuatan produk sampai konsumen tersebut mengkonsumsinya.

Sedangkan menurut Silvia, konsumen perlu paham hak-haknya agar semakin waspada dalam mengkonsumsi produk pangan, yaitu; hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan, Hak untuk memilih atas informasi yang jujur, Hak untuk didengar keluhan dan pendapatnya, Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan penyelesaian sengketa secara patut, Hak atas pembinaan dan pendidikan konsumen, Hak untuk diberlakukan dan dilayani secara benar, jujur dan tidak diskriminatif, Hak untuk memperoleh ganti rugi.

Namun, yang paling pokok dalam hak pangan yaitu bahwa Konsumen punya hak atas pangan, negara punya kewajiban untuk menyediakannya. Konsumen berhak untuk memutuskan apa yang akan dikonsumsi agar bisa menjadi konsumen yang cerdas.
Tuti juga menambahkan, bahwa konsumen tidak hanya mengkonsumsi saja tetapi juga harus mengetahui hak-haknya sebagai konsumen. Konsumen harus lebih aware (menyadari) pangan yang dikonsumsinya, terutama pada masalah kesehatan dari produk pangan tersebut. selain itu, konsumen harus sering bersolidaritas terhadap produk-produk lokal, dengan begitu ketika konsumen sadar bahwa produk local masih bisa dikonsumsi maka konsumsilah produk lokal sehingga produk lokal tidak akan kalah dengan produk impor.

Tuti mengakhri talkshow tersebut dengan menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk menjadi konsumen yang cerdas, yaitu konsumen yang sadar terhadap produk pangan yang dikonsumsinya terutama dalam proses produksi hingga sampai kepada konsumen. Alangkah lebih baik lagi apabila kita mengkonsumsi produk pangan dari negeri kita sendiri. (Dewi Mendem)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opini

KONSTRUKSI MEDIA MASSA TERHADAP CITRA PEREMPUAN

Published

on

Sumber: Freepik
TANTANGAN GERAKAN PEREMPUAN DI ERA DIGITAL

Lilyk Aprilia Volunteer Mitra Wacana

Di era globalisasi, media massa menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat baik digunakan sebagai alat untuk komunikasi, mencari informasi, atau hiburan. Media massa terus mengalami perkembangan dari yang mulanya konvensional hingga sekarang menjadi modern . Berbicara mengenai media massa tentu ada hal yang menjadikan media massa memiliki nilai tarik tersendiri terlebih jika dihubungkan dengan keberadaan perempuan.

      (Suharko, 1998)  bahwa tubuh perempuan digunakan sebagai simbol untuk menciptakan citra produk tertentu atau paling tidak berfungsi sebagai latar dekoratif suatu produk.  Media massa dan perempuan merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Terutama dalam bisnis media televisi. Banyaknya stasiun televisi yang berlomba-lomba dalam menyajikan sebuah program agar diminati oleh masyarakat membuat mereka mengemas program tersebut semenarik mungkin salah satunya dengan melibatkan perempuan. Perempuan menjadi kekuatan  media untuk menarik perhatian masyarakat. Bagi media massa tubuh perempuan seolah aset terpenting yang harus dimiliki oleh media untuk memperindah suatu tayangan yang akan disajikan kepada masyarakat sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

     Media massa memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai wadah untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Informasi yang diberikan kepada masyarakat salah satunya dalam bentuk iklan sebuah produk atau layanan jasa . Iklan merupakan sebuah informasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai hal yang berhubungan dengan suatu produk atau jasa yang dikemas dengan semenarik mungkin.  Memiliki tujuan untuk menarik minat konsumen membuat salah satu pihak menjadi dirugikan . Pasalnya pemasang iklan dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat sering kali memanfaatkan perempuan sebagai objek  utama untuk memikat para konsumen. Memanfaatkan wajah dan bentuk tubuh sebagai cara untuk menarik perhatian masyarakat membuat citra perempuan yang dimuat pada iklan terus menjadi sumber perdebatan karena dinilai menjadikan tubuh perempuan sebagai nilai jual atas produk yang ditawarkan . Ironisnya hal ini terus menerus dilakukan. 

         Memanfaatkan fisik sebagai objek untuk diekploitasi sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Terlihat dari citra perempuan yang digambarkan oleh tayangan iklan ataupun acara program televisi. Kecantikan perempuan dijadikan sebagai penghias tampilan dari suatu program acara. Dipoles sedemikian rupa untuk mendapatkan tampilan yang cantik kemudian dikonsumsi oleh publik. Demi untuk mengedepankan kepentingan media bahkan hak hak perempuan yang seharusnya dimiliki mereka dikesampingkan oleh media .  

     Selain sebagai wadah informasi untuk masyarakat media massa juga berfungsi sebagai hiburan.. Tayangan televisi yang sampai saat ini menempati rating tertinggi yaitu dalam kategori sinetron. Gambaran dalam tayangan tersebut banyak yang melibatkan perempuan dengan menggambarkan posisi perempuan selalu dibawah laki-laki. Tidak terlalu memperhatikan  pesan tersirat apa yang terkandung dalam tayangan tersebut, masyarakat terus-menerus mengkonsumsinya seolah tayangan tersebut tidak memiliki pesan yang bermasalah. Jika diperhatikan lebih lanjut banyak sekali peran perempuan yang digambarkan dari sisi lemahnya atau hanya melakukan pekerjaan domestik saja. Dengan begitu apa yang disajikan oleh media akan tertanam difikiran mereka sehingga menganggap pesan media massa sebagai realitas yang benar dan menjadi nilai yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 Kekuatan Media Massa Dalam Membentuk Citra Perempuan

      Media massa memiliki kemampuan dalam membentuk citra . Bermula dari gambaran atas kenyataan yang ada dimasyarakat kemudian dikembangkan dengan menggunakan bahasa yang mengandung makna baru  namun masih memiliki acuan terhadap fakta yang ada kemudian disajikan kepada masyarakat secara terus menerus.  Dengan begitu citra yang dibentuk oleh media massa akan mempengaruhi realitas kehidupan dimasyarakat. Mengingat minat masyarakat terhadap objektifikasi perempuan cukup tinggi, media massa berlomba-lomba membentuk citra perempuan yang sempurna untuk mencapai target pasar dengan menggiring opini publik dalam menetapkan standar ‘cantik’ menurut media. Perempuan kerap kali dijadikan alat oleh media massa sebagai ladang untuk mendapatkan keuntungan dengan menampilkan kemolekan dan kecantikan fisiknya. Konstruksi sosial pada citra perempuan yang terjadi pada media massa bukan lagi hal baru dan tabu, fenomena ini terus berulang seolah menjadi kebenaran dalam mengkotakkan citra perempuan. 

     Selain itu pembenaran yang terus dilanggengkan oleh media massa terkait citra perempuan menjadikan sudut pandang masyarakat berkiblat pada standar yang digaungkan media massa tersebut sehingga menjadi salah satu agen budaya yang berpengaruh terhadap realita di kehidupan masyarakat.  Penggambaran terhadap perempuan oleh media massa semakin memperjelas bahwa posisi perempuan diranah publik masih lemah.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending