web analytics
Connect with us

Arsip

Upaya LSM Mitra Wacana dalam Mengatasi Human Trafficking

Published

on

Perdagangan manusia atau biasa disebut dengan human trafficking merupakan salah satu perilaku buruk. Yang menjadi korban tidak mengenal gender, baik laki-laki maupun perempuan bisa menjadi korban human trafficking bahkan tidak mengenal umur dan semua lapisan masyarakat dapat menjadi korban. Kerap kali perempuanlah yang rentan menjadi objek kekerasan (Hanif, 2022). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menjelaskan bahwa berdasarkan data sistem informasi online perlindungan perempuan dan anak (SIMFONI PPA) tahun 2020, Kasus human trafficking pada perempuan dan anak mengalami peningkatan hingga 62,5 persen (KemenPPPA, 2021). Terhitung dari tahun 2015 hingga 2019 tercatat sebanyak 2.648 korban human trafficking yang terdiri dari 2.319 korban perempuan dan 329 korban laki-laki. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kasus-kasus human trafficking terus meningkat dan dominasi korban adalah perempuan (KemenPPPA, 2021).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Dewan Pengawas Mitra Wacana Bahas Laporan Akhir Tahun Dewan Pengurus

Published

on

Yogyakarta, 18 Januari 2024 – Dewan Pengawas Mitra Wacana menyelenggarakan diskusi membahas laporan akhir tahun Dewan Pengurus pada Kamis (18/1/2024) di Landhuis Resto Jl. Ipda Tut Harsono No.28, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

Dalam pertemuan tersebut Ketua Dewan Pengurus, Istiatun menyampaikan catatan tahunan dan dinamika sumber daya organisasi tahun 2023. Istiatun menyampaikan bahwa Mitra Wacana telah melaksanakan berbagai kegiatan selama tahun 2023, di antaranya: (1) Kegiatan advokasi dan edukasi masyarakat, seperti seminar, workshop, dan diskusi publik. (2) Kegiatan pendampingan masyarakat, seperti lokakarya mekanisme pencegahan dan penanggulangan tindak pidana perdagangan orang, peningkatan kapasitas bagi penerima manfaat dan asistensi kepada kelompok media desa. (3) Kajian  dan pengembangan, seperti kajian kebijakan dan pengelolaan sukarelawan, baik internasional maupun dalam negeri.

Istiatun juga menyampaikan bahwa Mitra Wacana telah melaksanakan kegiatan dan terdapat capaian sesuai mandat organisasi. Pada kesempatan tersebut, Dewan Pengawas Mitra Wacana memberikan apresiasi atas kinerja Dewan Pengurus selama tahun 2023. Dewan Pengawas juga memberikan masukan-masukan untuk perbaikan kinerja organisasi di masa mendatang. (Tnt)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending