Opini
Gelar Haji di Indonesia: Mencari Makna dalam Jejak Sejarah
Published
2 years agoon
By
Mitra Wacana

Akbar Pelayati, Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam, Uin Alauddin Makassar, Juga merupakan Aktivis HMI MPO Cabang Makassar.
Apakah Anda pernah berpikir bahwa membanggakan gelar Haji di Indonesia bisa menjadi hasil dari warisan masa lampau yang tak bisa dielakkan? Tidak dapat disangkal bahwa gelar Haji telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya dan tradisi Indonesia. Namun, apakah Anda pernah berpikir tentang bagaimana sejarah dan konteks gelar ini dapat memberikan makna yang lebih mendalam?
Saat pertama kali diperkenalkan, gelar Haji memang diberikan sebagai tanda penghargaan atas pelaksanaan ibadah haji oleh individu yang bersangkutan. Namun, jangan terkecoh oleh kesederhanaan konsep ini. Gelar ini ternyata juga membawa jejak-jejak masa kolonial, ketika rezim penjajah mencoba memanfaatkannya untuk mencapai tujuan mereka.
Gelar Haji dalam konteks masa kolonial dapat diartikan sebagai alat kekuasaan yang memanipulasi komunitas Muslim. Pemberian gelar ini tidak hanya tentang penghormatan agama, tetapi juga menjadi instrumen untuk mendefinisikan struktur sosial berdasarkan otoritas penjajah. Ternyata, gelar yang seharusnya mewakili spiritualitas juga memiliki dimensi politik yang tak terhindarkan.
Namun, dalam kerumitan sejarah gelar ini, masyarakat Indonesia juga menemukan makna dan penghormatan yang berasal dari keyakinan pribadi. Bagi sebagian besar orang, gelar Haji bukan sekadar simbol status, tetapi juga cerminan dedikasi terhadap iman dan perjalanan rohaniah yang mendalam. Namun, pertanyaan mendasar muncul: Apakah membanggakan gelar Haji masih tetap relevan ataukah sebaiknya direfleksikan ulang dalam konteks sejarahnya yang rumit? Di tengah perubahan zaman yang terus berlangsung, kita memiliki peluang untuk menggali makna lebih dalam dari tradisi ini dan mengenali bagaimana hal ini berdampak pada identitas kita.
Sebagai masyarakat yang beragam dan inklusif, apakah kita dapat menemukan jalan tengah antara melihat gelar Haji sebagai warisan masa kolonial dan penghargaan pribadi terhadap keyakinan? Dalam refleksi ini, kita tidak hanya menggali akar sejarah, tetapi juga mencari cara agar tradisi ini tetap relevan dan bermakna dalam perjalanan rohaniah kita di dunia yang terus berubah.
You may like
Opini
Nasib Manuskrip Pasca Banjir: Upaya Penyelamatan dan Restorasi Budaya
Published
1 week agoon
8 December 2025By
Mitra Wacana

Mahasiswi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Andalas2
Ungkapan “Sakali aia gadang, sakali tapian barubah.” bukan hanya sekedar pepatah Minangkabau, melainkan juga memori ekologis masyarakat terhadap alam. Banjir bukan hanya sekedar peristiwa alam, melainkan bagian dari sejarah yang terus berulang dan meninggalkan bekas pada masyarakat. Namun, perubahan yang ditinggalkannya bukan hanya pada bentang alam dan kehidupan sosial, tetapi juga pada jejak intelektual masa lalu masyarakat, salah satunya terekam dalam manuskrip.
Manuskrip merupakan tulisan yang ditulis menggunakan tangan pada lembaran-lembaran kertas, yang didalamnya berisi pemikiran orang-orang pada masa lampau. Sejalan dengan Baried (1985:54) manuskrip adalah medium teks berbentuk konkret dan nyata. Di dalam Manuskrip ditemukan tulisan-tulisan yang merupakan sebuah simbol bahasa untuk menyampaikan sesuatu hal tertentu. Manuskrip dapat dikatakan sebagai salah satu warisan nenek moyang pada masa lampau, berbentuk tulisan tangan yang mengandung berbagai pemikiran dan perasaan tercatat sebagai perwujudan budaya masa lampau. Sehingga akan sayang sekali jika pemikiran nenek moyang kita hilang akibat penanganan yang kurang tepat.
Manuskrip-manuskrip yang tersimpan di surau, rumah gadang, perpustakaan nagari, maupun kediaman para ninik mamak sering kali menjadi korban dari bencana alam, salah satunya banjir. Karena setelah banjir tersebut mulai surut, nasib manuskrip itu dipertaruhkan. Ketika banjir menyapu perkampungan, kertas-kertas manuskrip itu basah oleh air, menyebabkan tulisan pada teks-nya bisa saja pudar. Pada titik inilah penanganan awal menjadi penentu apakah sebuah naskah masih mungkin diselamatkan atau justru rusak.
Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak mengetahui cara penanganan darurat manuskrip basah. Di beberapa tempat, manuskrip yang terendam justru dijemur langsung di bawah terik matahari yang bisa menyebabkan lembarannya menempel. Ada pula yang mengeringkannya di dekat api untuk mempercepat proses pengeringan, padahal suhu panas justru membuat tinta luntur dan kertas mengerut. Bahkan dalam situasi panik, sebagian manuskrip dibersihkan dengan kain kasar atau disikat karena dianggap kotor, yang pada akhirnya merobek halaman-halaman yang sebenarnya masih mungkin diselamatkan. Kecerobohan kecil seperti itu sering kali menjadi perbedaan antara manuskrip yang dapat bertahan dan punah.
Untuk itu, perlunya peran dan dukungan pemerintah dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penanganan dan perawatan manuskrip yang benar, karena manuskrip seringkali berada di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, detik-detik pertama setelah air surut sepenuhnya bergantung pada pengetahuan masyarakat setempat. Pemerintah dapat melibatkan masyarakat baik individu maupun lembaga dalam merawat dan melestarikan manuskrip.
Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan edukasi tentang perawatan manuskrip yang baik dan benar sehingga manuskrip yang ada seringkali rusak sebelum sempat di digitalisasi. Padahal langkah-langkah sederhana seperti memisahkan halaman yang menempel, mengeringkan naskah di tempat teduh dan berangin, atau menyerap air dengan tisu tanpa tekanan berlebihan, bisa menjadi penyelamat sebelum tim konservator datang. Edukasi inilah yang seharusnya menjadi prioritas pemerintah daerah, perpustakaan, dan lembaga kebudayaan.
Bencana banjir sudah berulang kali terjadi, bahkan dari dahulu kala. Hal tersebut seharusnya menjadi pengingat bahwa pengetahuan mengenai perawatan naskah manuskrip sangat penting, tidak hanya bagi satu pihak saja tetapi diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Kerja sama antara pemerintah, akademisi, komunitas budaya, dan masyarakat adalah kunci dalam menjaga keberlangsungan manuskrip. Pemerintah dapat mengambil peran sebagai penyedia edukasi, tentang bagaimana penanganan darurat terhadap manuskrip, serta menyediakan peralatan yang menunjang penyelamatan manuskrip. Sementara masyarakat, sebagai pihak terdekat dengan naskah, menjadi penentu apakah pengetahuan teoretis itu dapat dijalankan dengan benar di lapangan.
Jika manuskrip adalah kunci yang menyimpan ingatan suatu peradaban, maka penyelamatannya adalah urusan berbagai pihak, baik pemerintah, lembaga, masyarakat adat, dll. Banjir boleh mengubah bentuk geografis daerah, tetapi bukan berarti ia bisa menghapus jejak pemikiran para leluhur yang sudah diwariskan begitu lama. Karena pada akhirnya, yang membuat suatu masyarakat bertahan bukan hanya rumah dan infrastruktur yang diperbaiki, ataupun peradaban yang dibangun ulang, tetapi juga tentang cerita, gagasan, ilmu dan identitas yang mereka wariskan melalui lembaran-lembaran kertas tua.

Mitra Wacana Hadiri Rapat Koordinasi Organisasi Kemasyarakatan Kabupaten Bantul

Mitra Wacana Ikuti Orasi Budaya Hari HAM FISB UII







