web analytics
Connect with us

Arsip

Strategi Dakwah Mitra Wacana dalam Pencegahan TPPO

Published

on

Fenomena perdagangan orang (human trafficking) merupakan masalah kontemporer yang terus mendapatkan perhatian. Lembaga swadaya masyarakat (LSM) menjadi salah satu pihak yang memiliki peran dalam upaya pencegahan perdagangan orang. Salah satu LSM yang berfokus pada isu perdagangan orang adalah Mitra Wacana. Mitra Wacana melakukan upaya pencegahan perdagangan orang di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Mayoritas penduduk di Kulon Progo merupakan pemeluk agama Islam, yakni sebanyak 419.412 jiwa atau 94,7% dari jumlah penduduk total. Dalam hal ini, strategi dakwah dibutuhkan agar upaya pencegahan perdagangan orang lebih efektif.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mengkaji strategi dakwah Mitra Wacana dalam pencegahan perdagangan orang di Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan teori strategi dakwah yang dikemukakan oleh Al-Bayanuni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mitra Wacana sudah menggunakan strategi dakwah Al-Bayanuni yang terdiri dari al-manhaj al-athifi (strategi sentimentil), al-manhaj al-aqli (strategi rasional), dan al-manhaj al-hissi (strategi indrawi). Pada aspek al-manhaj al-athifi (strategi sentimentil), Mitra Wacana melakukan upaya pencegahan perdagangan orang melalui kegiatan pendampingan. Aspek al-manhaj al-aqli (strategi rasional) tergambar dalam kegiatan penyuluhan, seminar, dan sosialisasi, serta pemanfaatan platform media sosial. Adapun, al-manhaj al-hissi (strategi indrawi) dilakukan melalui kegiatan pelatihan media desa.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Dewan Pengawas Mitra Wacana Bahas Laporan Akhir Tahun Dewan Pengurus

Published

on

Yogyakarta, 18 Januari 2024 – Dewan Pengawas Mitra Wacana menyelenggarakan diskusi membahas laporan akhir tahun Dewan Pengurus pada Kamis (18/1/2024) di Landhuis Resto Jl. Ipda Tut Harsono No.28, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

Dalam pertemuan tersebut Ketua Dewan Pengurus, Istiatun menyampaikan catatan tahunan dan dinamika sumber daya organisasi tahun 2023. Istiatun menyampaikan bahwa Mitra Wacana telah melaksanakan berbagai kegiatan selama tahun 2023, di antaranya: (1) Kegiatan advokasi dan edukasi masyarakat, seperti seminar, workshop, dan diskusi publik. (2) Kegiatan pendampingan masyarakat, seperti lokakarya mekanisme pencegahan dan penanggulangan tindak pidana perdagangan orang, peningkatan kapasitas bagi penerima manfaat dan asistensi kepada kelompok media desa. (3) Kajian  dan pengembangan, seperti kajian kebijakan dan pengelolaan sukarelawan, baik internasional maupun dalam negeri.

Istiatun juga menyampaikan bahwa Mitra Wacana telah melaksanakan kegiatan dan terdapat capaian sesuai mandat organisasi. Pada kesempatan tersebut, Dewan Pengawas Mitra Wacana memberikan apresiasi atas kinerja Dewan Pengurus selama tahun 2023. Dewan Pengawas juga memberikan masukan-masukan untuk perbaikan kinerja organisasi di masa mendatang. (Tnt)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending