web analytics
Connect with us

Kulonprogo

P3A Selaras Adakan Sosialisasi PTPPO di Dusun Samiranan

Published

on

P3A Selaras Adakan Sosialisasi PTPPO

P3A Selaras mengadakan sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, di Dusun Samiranan, Nomporejo, Galur. Kegiatan ini diadakan bersamaan dengan pertemuan rutin PKK Dusun Samiranan pada Jum’at, 5 Januari 2024.

Sosialisasi dibuka oleh Bu Suryati, dengan memperkenalkan P3A Selaras sebagai salah satu organisasi perempuan di Kalurahan Nomporejo. Bu Suryati juga menjelaskan bahwa fokus isu dari P3A Selaras adalah seputar perempuan dan anak, serta isu tindak pidana perdagangan orang. Materi sosialisasi disampaikan oleh Ibu Dwi salah satu anggota P3A Selaras Kalurahan Nomporejo. Ibu Dwi memulai sosialisasi dengan bertanya kepada peserta yang hadir, apakah peserta sudah pernah mendengar istilah TPPO?

Sebagian besar peserta menjawab, belum. Istilah TPPO memang belum familiar di masyarakat Nomporejo. Bu Dwi kemudian menjelaskan definisi TPPO, unsur-unsur TPPO dan modus perdagangan orang. Bu Dwi juga mengingatkan, ketika kita akan bekerja ke luar negeri, sebaiknya melalui perusahaan yang resmi dan pengurusan berkas-berkas yang sesuai prosedur. Karena orang yang bekerja di luar negeri sangat rentan menjadi korban perdagangan orang. Selain membicarakan perihal migrasi aman. Bu Dwi juga menyampaikan bahwa perdagangan orang juga bisa berupa adopsi ilegal dan pekerja anak.

Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang ini adalah sebentuk upaya yang dilakukan oleh P3A Selaras dan Mitra Wacana, untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi kasus perdagangan orang di Nomporejo. (Yunia)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Komitmen Bersama Peningkatan Pelindungan Warga dari Ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang di Kabupaten Kulon Progo, DIY

Published

on

 

Usulan Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak dan Komunitas Media Desa Se-Kabupaten Kulon Progo Tentang “ Pelindungan Warga dari Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)”

Komitmen Bersama Peningkatan Pelindungan Warga dari Ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang di Kabupaten Kulon Progo, DIY

Kulon Progo, 24 April 2024

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending