web analytics
Connect with us

Kulonprogo

Berlatih Usaha Rumahan, P3A Gendhis Manis Kalurahan Kalirejo Praktek Membuat Sabun Cuci Piring

Published

on

Berlatih usaha rumahan, P3A Gendhis Manis Kalurahan Kalirejo praktek membuat sabun cuci piring.

Sabun cuci piring mungkin bukan kebutuhan pokok, tapi keberadaannya menjadi penting, karena kebersihan peralatan dapur membutuhkan sabun cuci yang satu ini. Untuk mengurangi konsumsi akan sabun ini, termasuk untuk menciptakan peluang usaha Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A) Gendhis Manis dan Mitra Wacana mengadakan pelatihan praktek pembuatan sabun cuci piring untuk para anggotanya. Senin, 08/01/2024.

Pelatihan praktek pembuatan cuci piring ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan skill kepada anggota P3A untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Berlokasi di rumah ibu Aminah salah seorang anggota P3A kegiatan praktek pembuatan sabun cuci piring cukup mendapat animo dari para anggota P3A. Setidak ada 10 orang dari 12 anggota yang terdaftar hadir mengikuti kegiatan praktek pembuatan sabun cuci piring ini.

Bagi anggota P3A kegiatan seperti ini jarang dilakukan di kelompok-kelompok lain di dusun, dan ini merupakan kali pertama mereka praktek langsung pembuatan sabun. hal ini senada dengan yang disampaikan Sri rejeki salah seorang anggota P3A, ” saya seneng mas kalau kegiatan praktek begini, saya juga baru pertama lihat dan praktek buat sabun cuci piring, ujarnya saat sesi teori disampaikan.

Kegiatan pelatihan praktek pembuatan sabun cuci piring ini difasilitasi oleh pendamping dari Mitra Wacana. Dimulai dengan sesi teori pengenalan tentang bahan, dan juga fungsi bahan, sekaligus takaran penggunaannya. Sesi ke dua peserta diajak terlibat langsung untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan sabun ini, mulai mencampur bahan, mengaduk sampai produknya siap untuk di pakai.

Setelah sesi praktek selesai peserta diajak untuk melakukan evaluasi dari proses yang dilakukan. Ada beberapa tanggapan bahwa bisa lebih efektif jika alat yang digunakan untuk produksi jauh lebih proper tidak manual seperti penggunaan mixer. Selain tanggapan ada rencana untuk bisa memasarkan produk dilingkungan sekitar kalau produk hasil prakteknya bagus. (mansur)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Komitmen Bersama Peningkatan Pelindungan Warga dari Ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang di Kabupaten Kulon Progo, DIY

Published

on

 

Usulan Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak dan Komunitas Media Desa Se-Kabupaten Kulon Progo Tentang “ Pelindungan Warga dari Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)”

Komitmen Bersama Peningkatan Pelindungan Warga dari Ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang di Kabupaten Kulon Progo, DIY

Kulon Progo, 24 April 2024

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending