web analytics
Connect with us

PTPPO

Mitra Wacana Temukan 49 Perempuan Korban Trafficking di Kulon Progo

Published

on

launching buku saku dan pengenalan organisai

SLEMAN (kabarkota.com) – Woman Resources Center (WRC), Mitra Wacana di Yogyakarta menemukan sedikitnya 49 perempuan korban trafficking di Kulon Progo, sepanjang tahun 2013 – 2014.

Direktur WRC, Mitra Wacana di Yogyakarta, Rindang Farikhah menyebutkan, para korban trafficking ini berasal dari tiga kecamatan, yakni di Kecamatan Sentolo, Kecamatan Galur, dan Kecamatan Kokap.

“Mereka rata-rata usia 20 tahun,” ungkap Rindang kepada wartawan di Kantor SATUNAMA Yogyakarta, Rabu (15/10).

Menurutnya, para perempuan tersebut merupakan korban trafficking yang berada di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW). Di antaranya, bekerja tidak sesuai dengan kontrak kerja, atau pun korban kembali ke tanah air dengan membawa anak hasil hubungan ilegalnya dengan majikannya, khususnya di Arab Saudi.

Rindang menuturkan, praktik trafficking ini terjadi karena masalah kemiskinan, rendahnya pendidikan, dan menghindarkan diri dari korban KDRT, serta beban hutang yang membelit keluarganya.

Pihaknya juga mengaku, tantangan berat yang dihadapi Mitra Wacana dalam memberikan pendampingan kepada para perempuan itu, terkait dengan penyadaran mereka terhadap keberadaan perundang-undangan. Salah satunya, terkait Undang-Undang No 21 Tahun 2007 tentang PTPPO.

Oleh karenanya, Rindang juga berharap bisa mendirikan sekolah desa untuk penguatan kapasitas perempuan, jika nantinya dana desa dari pemerintah pusat cair pasca pengesahan UU Desa.

SUTRIYATI

sumber: http://kabarkota.com/mitra-wacana-temukan-49-perempuan-korban-trafficking-di-kulon-progo/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Mitra Wacana Terima Penghargaan Hassan Wirajuda Pelindungan Award 2023 dari Kementrian Luar Negeri RI

Published

on

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia menggelar penganugerahan Hassan Wirajuda Pelindungan WNI Award (HWPA) 2023 untuk memberikan apresiasi kepada pihak yang telah berjasa dalam pelindungan WNI. Penghargaan itu diberikan kepada 23 individu atau entitas dari berbagai kalangan.

Perkumpulan Mitra Wacana menyabet penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award pada Jumat (26/04/2024). Penghargaan kali ini diterima oleh Istiatun, Ketua Perkumpulan Mitra Wacana untuk kategori Masyarakat Madani. Selama ini Mitra Wacana dikenal sebagai organisasi yang konsen terhadap isu Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

HWPA, sebagaimana diketahui, merupakan penghargaan yang diberikan kepada individu dan badan/organisasi yang dianggap terlibat dalam pengawasan berbagai kegiatan Kementrian Luar Negeri untuk memberikan pelayanan dan perlindungan yang telah dilaksanakan sejak 2015.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending