Opini
Belajar Kesetaraan Gender Dari Negara Lain
Published
9 years agoon
By
Mitra Wacana
Oleh : Akvi Zukhriyati (Mahasiwa magang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Di beberapa negara, disebutkan bahwa kesetaraan gender, perlindungan perempuan dan anak masih menjadi mimpi dan angan belaka. Namun di beberapa negara berikut eksistensi perempuan tidak dibedakan dengan laki-laki. Kemerdekaan perempuan sangat dijujung tinggi dan perempuan dihargai sama halnya seperti laki-laki.
Negara-negara Nordik (Islandia, Finlandia, Swedia, Norwegia, dan Denmark) adalah deretan negara yang disebut paling ramah terhadap kesetaraan gender menurut World Economic Forum-WEF. Di negara-negara ini tidak ada diskriminasi tehadap perempuan. Hak yang sama diberikan pada perempuan dan laki-laki tanpa ada perbedaan. Di negara-negara ini perkembangan karir perempuan sangatlah maju.Bahkan di Swedia perempuan dibolehkan menjadi kepala keluarga. Dan sejak tahun 1901 negara ini telah menformalkan cuti bagi perempuan hamil.
Di Swedia rata-rata laki-laki mengerjakan pekerjaan rumah 24 jam per minggu ini merupakan angka tertinggi di dunia. Unuk pekerjaan bangunan baik perempan atau laki-laki lega melakukannya. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa anak laki-laki di Swedia cenderung suka bermain boneka, sementara anak perempuan lebih suka bermain traktor, memasak dan menjahit.
Menurut sumber yang sama Indonesia menempati urutan 96 sabagai negara ramah gender. Hal ini jauh dibawah negara tetangga, Filiphina yang menempati urutan ke sembilan. Rata-rata di negara berkembang kemerdekan perempuan memang masih sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah budaya patriarki yang masih melekat dan dipegang erat oleh masyarakatnya. Budaya yang menepatan laki-laki sebagai sosok utama yang paling sentral dalam organisasi sosial.
Namun demikian tidak semua negara berkembang tidak ramah gender. Ada sebuah negara berkembang di Afrika yang mengejutkan mata dunia dengan perkembangan keterlibatan kaum perempuan, yaitu Rwanda. Negara yang berbentuk repubik, terletak di Afrika Tengah, negara ini menempati urutan ke tujuh. Rwanda mendapatkan pujian karena proporsi tinggi kaum perempuan dalam parlemen pemerintahannya.
Dan negara dengan tingkat keramahn paling rendah terhadap gender di dunia dipegang oleh Yaman. Di negara ini kebebasan perempuan masih sangat dikekang. Tinginya kasus kekerasan terhadap perempuan dan lemahnya hukum yang mengatur pernikahan anak menjadi penyebab utama di Yaman kesetaran gender belum hidup.
You may like
Opini
Nasib Manuskrip Pasca Banjir: Upaya Penyelamatan dan Restorasi Budaya
Published
1 week agoon
8 December 2025By
Mitra Wacana

Mahasiswi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Andalas2
Ungkapan “Sakali aia gadang, sakali tapian barubah.” bukan hanya sekedar pepatah Minangkabau, melainkan juga memori ekologis masyarakat terhadap alam. Banjir bukan hanya sekedar peristiwa alam, melainkan bagian dari sejarah yang terus berulang dan meninggalkan bekas pada masyarakat. Namun, perubahan yang ditinggalkannya bukan hanya pada bentang alam dan kehidupan sosial, tetapi juga pada jejak intelektual masa lalu masyarakat, salah satunya terekam dalam manuskrip.
Manuskrip merupakan tulisan yang ditulis menggunakan tangan pada lembaran-lembaran kertas, yang didalamnya berisi pemikiran orang-orang pada masa lampau. Sejalan dengan Baried (1985:54) manuskrip adalah medium teks berbentuk konkret dan nyata. Di dalam Manuskrip ditemukan tulisan-tulisan yang merupakan sebuah simbol bahasa untuk menyampaikan sesuatu hal tertentu. Manuskrip dapat dikatakan sebagai salah satu warisan nenek moyang pada masa lampau, berbentuk tulisan tangan yang mengandung berbagai pemikiran dan perasaan tercatat sebagai perwujudan budaya masa lampau. Sehingga akan sayang sekali jika pemikiran nenek moyang kita hilang akibat penanganan yang kurang tepat.
Manuskrip-manuskrip yang tersimpan di surau, rumah gadang, perpustakaan nagari, maupun kediaman para ninik mamak sering kali menjadi korban dari bencana alam, salah satunya banjir. Karena setelah banjir tersebut mulai surut, nasib manuskrip itu dipertaruhkan. Ketika banjir menyapu perkampungan, kertas-kertas manuskrip itu basah oleh air, menyebabkan tulisan pada teks-nya bisa saja pudar. Pada titik inilah penanganan awal menjadi penentu apakah sebuah naskah masih mungkin diselamatkan atau justru rusak.
Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak mengetahui cara penanganan darurat manuskrip basah. Di beberapa tempat, manuskrip yang terendam justru dijemur langsung di bawah terik matahari yang bisa menyebabkan lembarannya menempel. Ada pula yang mengeringkannya di dekat api untuk mempercepat proses pengeringan, padahal suhu panas justru membuat tinta luntur dan kertas mengerut. Bahkan dalam situasi panik, sebagian manuskrip dibersihkan dengan kain kasar atau disikat karena dianggap kotor, yang pada akhirnya merobek halaman-halaman yang sebenarnya masih mungkin diselamatkan. Kecerobohan kecil seperti itu sering kali menjadi perbedaan antara manuskrip yang dapat bertahan dan punah.
Untuk itu, perlunya peran dan dukungan pemerintah dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penanganan dan perawatan manuskrip yang benar, karena manuskrip seringkali berada di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, detik-detik pertama setelah air surut sepenuhnya bergantung pada pengetahuan masyarakat setempat. Pemerintah dapat melibatkan masyarakat baik individu maupun lembaga dalam merawat dan melestarikan manuskrip.
Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan edukasi tentang perawatan manuskrip yang baik dan benar sehingga manuskrip yang ada seringkali rusak sebelum sempat di digitalisasi. Padahal langkah-langkah sederhana seperti memisahkan halaman yang menempel, mengeringkan naskah di tempat teduh dan berangin, atau menyerap air dengan tisu tanpa tekanan berlebihan, bisa menjadi penyelamat sebelum tim konservator datang. Edukasi inilah yang seharusnya menjadi prioritas pemerintah daerah, perpustakaan, dan lembaga kebudayaan.
Bencana banjir sudah berulang kali terjadi, bahkan dari dahulu kala. Hal tersebut seharusnya menjadi pengingat bahwa pengetahuan mengenai perawatan naskah manuskrip sangat penting, tidak hanya bagi satu pihak saja tetapi diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Kerja sama antara pemerintah, akademisi, komunitas budaya, dan masyarakat adalah kunci dalam menjaga keberlangsungan manuskrip. Pemerintah dapat mengambil peran sebagai penyedia edukasi, tentang bagaimana penanganan darurat terhadap manuskrip, serta menyediakan peralatan yang menunjang penyelamatan manuskrip. Sementara masyarakat, sebagai pihak terdekat dengan naskah, menjadi penentu apakah pengetahuan teoretis itu dapat dijalankan dengan benar di lapangan.
Jika manuskrip adalah kunci yang menyimpan ingatan suatu peradaban, maka penyelamatannya adalah urusan berbagai pihak, baik pemerintah, lembaga, masyarakat adat, dll. Banjir boleh mengubah bentuk geografis daerah, tetapi bukan berarti ia bisa menghapus jejak pemikiran para leluhur yang sudah diwariskan begitu lama. Karena pada akhirnya, yang membuat suatu masyarakat bertahan bukan hanya rumah dan infrastruktur yang diperbaiki, ataupun peradaban yang dibangun ulang, tetapi juga tentang cerita, gagasan, ilmu dan identitas yang mereka wariskan melalui lembaran-lembaran kertas tua.

Mitra Wacana Hadiri Rapat Koordinasi Organisasi Kemasyarakatan Kabupaten Bantul

Mitra Wacana Ikuti Orasi Budaya Hari HAM FISB UII









