web analytics
Connect with us

Opini

Belajar Kesetaraan Gender Dari Negara Lain

Published

on

Keadilan Gender
Mitra Wacana

Akvi Zukhriyati

Oleh : Akvi Zukhriyati (Mahasiwa magang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Di beberapa negara, disebutkan bahwa kesetaraan gender, perlindungan perempuan dan anak masih menjadi mimpi dan angan belaka. Namun di beberapa negara berikut eksistensi perempuan tidak dibedakan dengan laki-laki. Kemerdekaan perempuan sangat dijujung tinggi dan perempuan dihargai sama halnya seperti laki-laki.

Negara-negara Nordik (Islandia, Finlandia, Swedia, Norwegia, dan Denmark) adalah deretan negara yang disebut paling ramah terhadap kesetaraan gender menurut World Economic Forum-WEF. Di negara-negara ini tidak ada diskriminasi tehadap perempuan. Hak yang sama diberikan pada perempuan dan laki-laki tanpa ada perbedaan. Di negara-negara ini perkembangan karir perempuan sangatlah maju.Bahkan di Swedia perempuan dibolehkan menjadi kepala keluarga. Dan sejak tahun 1901 negara ini telah menformalkan cuti bagi perempuan hamil.

Di Swedia rata-rata laki-laki mengerjakan pekerjaan rumah 24 jam per minggu ini merupakan angka tertinggi di dunia. Unuk pekerjaan bangunan baik perempan atau laki-laki lega melakukannya. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa anak laki-laki di Swedia cenderung suka bermain boneka, sementara anak perempuan lebih suka bermain traktor, memasak dan menjahit.

Menurut sumber yang sama Indonesia menempati urutan 96 sabagai negara ramah gender. Hal ini jauh dibawah negara tetangga, Filiphina yang menempati urutan ke sembilan. Rata-rata di negara berkembang kemerdekan perempuan memang masih sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah budaya patriarki yang masih melekat dan dipegang erat oleh masyarakatnya. Budaya yang menepatan laki-laki sebagai sosok utama yang paling sentral dalam organisasi sosial.

Namun demikian tidak semua negara berkembang tidak ramah gender. Ada sebuah negara berkembang di Afrika yang mengejutkan mata dunia dengan perkembangan keterlibatan kaum perempuan, yaitu Rwanda. Negara yang berbentuk repubik, terletak di Afrika Tengah, negara ini menempati urutan ke tujuh. Rwanda mendapatkan pujian karena proporsi tinggi kaum perempuan dalam parlemen pemerintahannya.

Dan negara dengan tingkat keramahn paling rendah terhadap gender di dunia dipegang oleh Yaman. Di negara ini kebebasan perempuan masih sangat dikekang. Tinginya kasus kekerasan terhadap perempuan dan lemahnya hukum yang mengatur pernikahan anak menjadi penyebab utama di Yaman kesetaran gender belum hidup.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Opini

Peran Sastra Populer dalam Meningkatkan Literasi di Kalangan Remaja

Published

on

Penulis : Fatin Fashahah, Mahasiswi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Andalas

Sastra populer sering dipandang rendah, dianggap hanya untuk hiburan, dangkal, atau terlalu komersial. Sikap seperti ini muncul dari pendapat bahwa karya populer tak setara dengan karya-karya yang biasanya dipelajari di bangku perkuliahan. Padahal, bagi banyak remaja, sastra populer justru menjadi pintu pertama untuk mulai suka membaca. Mengabaikan atau mengecilkan peran sastra populer berarti menutup kesempatan bagi generasi muda untuk jatuh cinta pada dunia tulisan.

UNESCO menyebut Indeks minat baca masyarakat Indonesia hanya diangka 0,001% atau dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) dalam laman resminya juga pernah merilis hasil Riset bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca, persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Fakta ini menunjukkan bahwa masih rendahnya minat membaca rekreasi di banyak kelompok usia.

Namun, ketika pembaca terutama remaja diberi kebebasan memilih bacaan yang sesuai selera dan pengalaman mereka, minat membaca bisa saja meningkat. Dengan kata lain, relevansi isi buku terhadap kehidupan pembaca muda sangat menentukan apakah mereka akan terus membaca atau tidak. Sastra populer seperti buku young adult, novel roman remaja, dan cerita fantasi ringan sering kali menawarkan tema dan tokoh yang mudah dipahami remaja karena ceritanya seringkali dihubungkan dengan kehidupan remaja, sehingga mereka lebih tertarik untuk membaca.

Selain itu, sastra populer lebih mudah diakses lewat platform digital, cerita-cerita di aplikasi dan situs bacaan daring seperti Ipusnas, google play book, wattpad, karyakarsa dll. membuat remaja menemukan teks yang mereka suka kapan saja dengan mudah. Bentuk online juga mendorong interaksi pembaca bisa memberi komentar, berdiskusi, atau bahkan menulis kembali cerita mereka sendiri. Pengalaman berinteraksi seperti ini memberi dorongan kuat untuk terus membaca dan menulis. Beberapa karya yang awalnya populer di dunia maya kemudian diterbitkan secara cetak atau diadaptasi menjadi film dan serial menunjukkan bahwa bacaan populer punya peran penting dalam membangun ekosistem budaya yang lebih luas.

Penolakan terhadap sastra populer sering kali datang dari dua alasan utama. Pertama, alasan estetika, anggapan bahwa karya populer kurang bermutu secara sastra. Kedua, alasan moral atau konten bahwa beberapa cerita mengandung nilai yang dipertanyakan. Kritik seperti ini tidak salah jika tujuannya untuk memperbaiki kualitas karya. Namun, cara menanggapinya yang kurang tepat bisa membuat minat membaca remaja menjadi surut, seharusnya kita bukan melarang atau merendahkan bacaan tersebut. Akan lebih baik jika pembaca pemula diajarkan bagaimana cara membaca yang kritis. Dengan membimbing remaja membaca secara kritis, kita membantu mereka mengenali kekuatan dan kelemahan sebuah teks, sehingga pengalaman membaca menjadi lebih bermakna.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan minat membaca remaja diantaranya. Pertama, perpustakaan sekolah dan umum perlu menata koleksi yang seimbang baik karya klasik dan akademik berdampingan dengan bacaan populer. Pendekatan ini mengakui bahwa pembaca punya selera berbeda, dan memberi ruang bagi remaja yang sedang mencari gaya baca dan minat mereka. Kedua, guru dan pustakawan harus dilatih untuk memfasilitasi diskusi yang mengaitkan tema populer dengan konsep sastra dasar. Misalnya, dari sebuah novel populer, kita bisa mengajak pembaca membahas tokoh, alur, sudut pandang, atau pesan yang tersirat yanga terdapat di dalam novel tersebut. Langkah sederhana ini bisa mengubah bacaan ringan menjadi bahan belajar yang efektif.

Ketiga, adanya kegiatan klub baca dan lomba menulis berbasis minat yang bisa menghubungkan pembaca muda dengan mentor dan teman sebaya. Suasana komunitas yang saling mendukung membuat kegiatan membaca terasa lebih menyenangkan. Selain itu, adanya lomba menulis membuat remaja merasa diberi ruang kreatif untuk mengekspresikan dirinya. Keempat, harus ada kerja sama antara sekolah dengan platform digital. Hal ini penting untuk menyediakan akses yang aman dan terkurasi. Akses digital tanpa bimbingan bisa berisiko negatif dengan memperkenalkan konten yang kurang sesuai untuk pembaca dibawah umur. Oleh karena itu, peran pendidik dan orang tua tetap penting dalam menumbuhkan minat membaca terutama pembaca anak-anak dan remaja.

Secara budaya, sikap berhati-hati atau keraguan terhadap sastra populer sering kali membuat masyarakat melewatkan cerita-cerita yang sebenarnya dekat dengan kehidupan banyak orang, khususnya para remaja dari berbagai latar belakang. Karya populer dapat menjadi ruang untuk bereksperimen dengan bahasa, identitas, dan pengalaman sehari-hari. Ketika karya semacam ini dibahas di sekolah atau komunitas, karya tersebut berpotensi memperkaya imajinasi serta cara pandang masyarakat, terutama di kalangan generasi muda. Dengan demikian, sastra populer tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga menjadi bagian dari wacana budaya yang turut membentuk cara berpikir dan berinteraksi dalam kehidupan sosial.

Kesimpulannya, alih-alih memandang sastra populer secara sebelah mata, akan lebih bermanfaat jika masyarakat mencoba melihat potensinya dalam meningkatkan minat baca dan memperkuat budaya literasi. Pendekatan yang inklusif dapat dimanfaatkan untuk menjadikan daya tarik sastra populer sebagai pintu masuk bagi pembaca pemula. Tentu saja, hal ini tetap perlu disertai dengan bimbingan dan adanya pengenalan terhadap keterampilan membaca kritis serta jenis bacaan yang lebih beragam. Dengan begitu, kebiasaan membaca tidak hanya meningkat, tetapi juga dapat mendorong perkembangan kemampuan berpikir dan berbahasa generasi muda.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending