web analytics
Connect with us

Rilis

Mitra Wacana Sebagai Nafas Literasi Kesetaraan Gender di Yogyakarta

Published

on

Koleksi buuku di Mitra Wacana. Foto: Ruly

Topik tentang Kesetaraan Gender merupakan suatu isu yang selalu hangat diperbincangkan. Dimana isu ini berangkat dari perjuangan hak ketidakadilan yang kerap kali dirasakan kaum perempuan, baik kekerasa dalam rumah tangga, pelecehan seksual, marginalisasi hingga subordinasi terhadap perempuan. Oleh karena itu tak heran jika paham ini pun menumbuhkan berbagai ideologi pembelaan terhadap perempuan hingga merambat kepada suatu sistem gerakan sampai melembaga. Perpustakaan Mitra Wacana adalah salah satunya, perpustakaan yang berada di Yogyakarta yang berfokuskan kepada isu-isu tentang keperempuanan, mulai dari kasus kekerasaan seksual dalam rumah tangga, kekerasan dalam berpacaran, pernikhan dini, hingga aktifitas-aktifitas diskusi yang tak jauh membahas tentang isu-isu lainnya tentang perempuan. Sebagai lembaga berbasisi sosial.

Perpustakaan Mitra Wacana tidak hanya bergerak dalam perkara yang menyinggung perempuan saja, melainkan juga berpartisipasi dan peduli dalam masalah sosial lainnya seperti bencana alam. Sebagai bentuk manifestasi sumbangsih masyarakat, Perpustakaan Mitra Wacana juga melakukan sosialisasi tentang keperempuanan sarta pembagian wacana seperti majalah, komik, kaos dan lain sebagainya ini merupakan sebagai upaya memberikan transparsi akan pentingnya perlindungan anak. Walaupun notabenya suatu lembaga yang mengarah kepada gerakan feminisme tidak lantas kemudian membuat sudut pandangnya terkhususkan pada salah satu ideologi suatu paham saja, melainkan mandiri dengan tiga prinsip utama yang dipegang yakni, Keadilan Gender, Inklusi dan Kesetaran.

Di bawah ini adalah laporan hasil temuan penelitian mahasiswi UIN Sunan Kalijaga selama proses pelenilitian di Mitra Wacana, silahkan unduh dokumennya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Mitra Wacana Jalin MoU Kolaborasi bersama Komisi Informasi Daerah Yogyakarta

Published

on

Selasa, 30 April 2024 Komisi Informasi Daerah Yogyakarta memperingati Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) yang diperingati setiap tanggal 30 April yang ditetapkan sejak tahun 2015. Dalam rangka memperingati HKIN tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta, hadir Mitra Wacana dalam penandatanganan memorandum of understanding (MoU)/Perjanjian Kerjasama (PKS), dalam kerjasama program bersama.

Dra. Istiatun, M.A. Ketua Dewan Pengurus Mitra Wacana menandatangani MoU sebagai simbolik kerjasama antara Komisi Informasi Daerah Yogyakarta dan Mitra Wacana.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending