Uncategorized @id
Perempuan Harus Terlibat Aktif Cegah Radikalisme dan Terorisme
Published
7 years agoon
By
Mitra WacanaTRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO – Pelibatan kaum perempuan secara aktif dalam upaya pencegahan radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme (RET) dipandang perlu digiatkan.
Hal ini tak lepas dari pergeseran tren di mana perempuan juga kerap direkrut sebagai pelaku.
Direktur Mitra Wacana Woman Resource Centre, Rindang Farihah mengatakan, penelitian pada 2017 menunjukkan adanya kecenderungan pergeseran peran perempuan tindak RET.
Yakni, perempuan mulai dilibatkan langsung dalam aksi kekerasan seperti sebagai pelaku bom bunuh diri, perekrut pelaku, atau bahkan perancang bom.
“Mereka secara sadar bergabung dengan kelompok RET. Ada beberapa faktor yang memotivasi peran tersebut. Mulai dari ekonomi, pernikahan, budaya, hingga agama,” kata Rindang dalam seminar Pencegahan RET bagi Masyarakat Desa serta Optimalisasi Peran Kelompok Perempuan di Gedung Kaca kompleks Pemkab Kulonprogo, Selasa (23/1/2018).
Menurut Rindang, dalam sisi agama dan budaya, perempuan di Indonesia cenderung diajarkan untuk taat dan mematuhi lelaki dan dipandang sebagai pihak yang lemah sekaligus luwes.
Hal itu lalu menjadi setereotip yang berkembang di masyarakat dan kemudian dilegitimasi oleh kaum perempuan itu sendiri.
Dari situ, kelompok RET tertarik untuk merekrut mereka jadi pelaku melalui kaderisasi.
Perempuan dimanfaatkan untuk menjadi penyusup, mata-mata, mediator, hingga penggalang dana.
Eksploitasi perempuan dalam RET disebutnya menyebabkan terjadinya domestifikasi yang berujung pada pemiskinan serta eksploitasi seksual.
Hal itu banyak terjadi pada perempuan di tengah konflik Afganistan di mana mereka dijual atau dinikahi secara siri oleh para pelaku RET.
Mereka lalu dieksploitasi sebagai mesin reproduksi karena adanya keyakinan bahwa banyak anak mendatangkan banyak rezeki.
Padahal, kondisi itu justru rentan memunculkan dampak penyakit reproduksi karena jarak kehamilan dan melahirkan yang terlalu rapat.
“Dari sini juga muncul predikat negatif istri atau anak teroris padahal dia tidak melakukan apapun. Karena itu, seluruh elemen masyarakat perlu memperhatikan peran-peran kelompok perempuan ini dalam upaya pencegahan RET. Perempuan harus aktif pula dalam pencegahan RET,” kata Farikhah.
Mitra Wacana saat ini sudah menginiasi terbentuknya Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A) di sembilan desa di Kecamatan Galur, Kokap, dan Sentolo.
P3A dipandang sebagai langkah positif dalam mengoptimalkan peran perempuan dalam pencegahan RET.
Organisasi ini mentransfer kewaspadaan, kepedulian, danpeningkatan kapasitas masyarakat desa dalam pencegahan RET melalui pengkaderan dan kampanye publik.(TRIBUNJOGJA.COM)
Sumber: http://jogja.tribunnews.com/2018/01/23/perempuan-harus-terlibat-aktif-cegah-radikalisme-dan-terorisme?page=2
Opini
KONSTRUKSI MEDIA MASSA TERHADAP CITRA PEREMPUAN
Published
3 years agoon
18 October 2021By
Mitra WacanaDi era globalisasi, media massa menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat baik digunakan sebagai alat untuk komunikasi, mencari informasi, atau hiburan. Media massa terus mengalami perkembangan dari yang mulanya konvensional hingga sekarang menjadi modern . Berbicara mengenai media massa tentu ada hal yang menjadikan media massa memiliki nilai tarik tersendiri terlebih jika dihubungkan dengan keberadaan perempuan.
(Suharko, 1998) bahwa tubuh perempuan digunakan sebagai simbol untuk menciptakan citra produk tertentu atau paling tidak berfungsi sebagai latar dekoratif suatu produk. Media massa dan perempuan merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Terutama dalam bisnis media televisi. Banyaknya stasiun televisi yang berlomba-lomba dalam menyajikan sebuah program agar diminati oleh masyarakat membuat mereka mengemas program tersebut semenarik mungkin salah satunya dengan melibatkan perempuan. Perempuan menjadi kekuatan media untuk menarik perhatian masyarakat. Bagi media massa tubuh perempuan seolah aset terpenting yang harus dimiliki oleh media untuk memperindah suatu tayangan yang akan disajikan kepada masyarakat sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.
Media massa memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai wadah untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Informasi yang diberikan kepada masyarakat salah satunya dalam bentuk iklan sebuah produk atau layanan jasa . Iklan merupakan sebuah informasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai hal yang berhubungan dengan suatu produk atau jasa yang dikemas dengan semenarik mungkin. Memiliki tujuan untuk menarik minat konsumen membuat salah satu pihak menjadi dirugikan . Pasalnya pemasang iklan dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat sering kali memanfaatkan perempuan sebagai objek utama untuk memikat para konsumen. Memanfaatkan wajah dan bentuk tubuh sebagai cara untuk menarik perhatian masyarakat membuat citra perempuan yang dimuat pada iklan terus menjadi sumber perdebatan karena dinilai menjadikan tubuh perempuan sebagai nilai jual atas produk yang ditawarkan . Ironisnya hal ini terus menerus dilakukan.
Memanfaatkan fisik sebagai objek untuk diekploitasi sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Terlihat dari citra perempuan yang digambarkan oleh tayangan iklan ataupun acara program televisi. Kecantikan perempuan dijadikan sebagai penghias tampilan dari suatu program acara. Dipoles sedemikian rupa untuk mendapatkan tampilan yang cantik kemudian dikonsumsi oleh publik. Demi untuk mengedepankan kepentingan media bahkan hak hak perempuan yang seharusnya dimiliki mereka dikesampingkan oleh media .
Selain sebagai wadah informasi untuk masyarakat media massa juga berfungsi sebagai hiburan.. Tayangan televisi yang sampai saat ini menempati rating tertinggi yaitu dalam kategori sinetron. Gambaran dalam tayangan tersebut banyak yang melibatkan perempuan dengan menggambarkan posisi perempuan selalu dibawah laki-laki. Tidak terlalu memperhatikan pesan tersirat apa yang terkandung dalam tayangan tersebut, masyarakat terus-menerus mengkonsumsinya seolah tayangan tersebut tidak memiliki pesan yang bermasalah. Jika diperhatikan lebih lanjut banyak sekali peran perempuan yang digambarkan dari sisi lemahnya atau hanya melakukan pekerjaan domestik saja. Dengan begitu apa yang disajikan oleh media akan tertanam difikiran mereka sehingga menganggap pesan media massa sebagai realitas yang benar dan menjadi nilai yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kekuatan Media Massa Dalam Membentuk Citra Perempuan
Media massa memiliki kemampuan dalam membentuk citra . Bermula dari gambaran atas kenyataan yang ada dimasyarakat kemudian dikembangkan dengan menggunakan bahasa yang mengandung makna baru namun masih memiliki acuan terhadap fakta yang ada kemudian disajikan kepada masyarakat secara terus menerus. Dengan begitu citra yang dibentuk oleh media massa akan mempengaruhi realitas kehidupan dimasyarakat. Mengingat minat masyarakat terhadap objektifikasi perempuan cukup tinggi, media massa berlomba-lomba membentuk citra perempuan yang sempurna untuk mencapai target pasar dengan menggiring opini publik dalam menetapkan standar ‘cantik’ menurut media. Perempuan kerap kali dijadikan alat oleh media massa sebagai ladang untuk mendapatkan keuntungan dengan menampilkan kemolekan dan kecantikan fisiknya. Konstruksi sosial pada citra perempuan yang terjadi pada media massa bukan lagi hal baru dan tabu, fenomena ini terus berulang seolah menjadi kebenaran dalam mengkotakkan citra perempuan.
Selain itu pembenaran yang terus dilanggengkan oleh media massa terkait citra perempuan menjadikan sudut pandang masyarakat berkiblat pada standar yang digaungkan media massa tersebut sehingga menjadi salah satu agen budaya yang berpengaruh terhadap realita di kehidupan masyarakat. Penggambaran terhadap perempuan oleh media massa semakin memperjelas bahwa posisi perempuan diranah publik masih lemah.