web analytics
Connect with us

Uncategorized @id

Rapat Rutin Mitra Wacana WRC Dengarkan Laporan Divisi

Mitra Wacana WRC

Published

on

Rapat Bulanan Mitra Wacana WRC

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 2 menit

Rabu (2/3), Mitra Wacana WRC menyelenggarakan rapat rutin yang membahas dan mendengarkan laporan progress masing-masing divisi yaitu; divisi pendidikan publik, media dan perpustakaan, penelitian dan pengembangan, sekretariat serta divisi keuangan yang dipandu oleh direktur Mitra Wacana WRC, Rindang Farihah. Rapat diawali dengan mendengarkan laporan Rindang yang menyoroti tata kelembagaan selama bulan januari hingga februari. Menurutnya, selama dua bulan kemarin kita lebih banyak mengerjakan tentang kelengkapan dan infrastruktur lembaga, pembagian peran tanggung jawab serta melihat kembali standart operasional prosedur sebagai alat kelengkapan lembaga.

Kordinator divisi pendidikan publik, Dianah Karmilah menceritakan perjalanan program di kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Menurut Diana, saat ini tengah dibahas mengenai peraturan bupati tentang pendewasaan usia nikah. Diana juga mengungkapkan adanya perluasan desa dampingan mantan buruh migran yang semula tiga bertambah menjadi sembilan, yaitu; Hargorejo, Kalirejo, Hargotirto kecamatan Kokap. Desa Sentolo, Demangrejo, dan Salamrejo kecamatan Sentolo. Desa Nomporejo, Banaran dan Tirto Rahayu kecamatan Galur. Desa-desa tersebut berdasarkan assesmnet awal merupakan “kantong” buruh migrant. Astriani, staff divisi tersebut menambahkan bahwa adanya pendampingan desa tersebut dimaksudkan untuk memperkuat pengetahuan perempuan ketika menjadi migrant yang lebih cerdas.

Enik Maslahah, kordinator divisi penelitian dan pengembangan mengupas kondisi empat desa dampingan di kabupaten Banjarnegara, yaitu desa Berta, Karangjati kecamatan Susukan. Desa Bondolharjo, Petuguran kecamatan Punggelan. Menurut Enik, empat desa tersebut merupakan daerah rentan kekerasan seksual. Bondolharjo dalam awal maret ini ada satu kasus kekerasan seksual dengan korban dan pelaku usia anak, ungkap Enik. Untuk komunitas perempuan Banjarnegara saat ini juga tengah melakukan usulan-usulan untuk rapat musyawarah desa, seperti penambahan jumlah peserta kelompok perempuan untuk mengikuti musyawarah.

Dari divisi media-perpustakaan Arif Sugeng Widodo dan Wahyu Tanoto menyampaikan laporan talkshaw dan pengelolaan website serta perpustakaan. Selama bulan February divisi media lebih banyak mengupgrade website lembaga, dengan melakukan beberapa perubahan menu dan kategori, ungkap Arif. Oleh karena itu khusus pengelolaan perpustakaan rencananya akan kami buat link dengan website, Tanoto menambahkan. Program talkshaw radio juga menjadi bahan laporan oleh divisi ini. Imelda, dari sekretariatan memaparkan tentang undangan kegiatan dari lembaga lain selama bulan Januari-Februari serta menyampaikan rencana kerja lembaga masing-masing divisi. Sony dan Elva dari divisi keuangan menuturkan arus lalu lintas kas lembaga selama bulan February. (tnt)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Opini

KONSTRUKSI MEDIA MASSA TERHADAP CITRA PEREMPUAN

Mitra Wacana WRC

Published

on

Sumber: Freepik

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 3 menit
TANTANGAN GERAKAN PEREMPUAN DI ERA DIGITAL

Lilyk Aprilia Volunteer Mitra Wacana

Di era globalisasi, media massa menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat baik digunakan sebagai alat untuk komunikasi, mencari informasi, atau hiburan. Media massa terus mengalami perkembangan dari yang mulanya konvensional hingga sekarang menjadi modern . Berbicara mengenai media massa tentu ada hal yang menjadikan media massa memiliki nilai tarik tersendiri terlebih jika dihubungkan dengan keberadaan perempuan.

      (Suharko, 1998)  bahwa tubuh perempuan digunakan sebagai simbol untuk menciptakan citra produk tertentu atau paling tidak berfungsi sebagai latar dekoratif suatu produk.  Media massa dan perempuan merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Terutama dalam bisnis media televisi. Banyaknya stasiun televisi yang berlomba-lomba dalam menyajikan sebuah program agar diminati oleh masyarakat membuat mereka mengemas program tersebut semenarik mungkin salah satunya dengan melibatkan perempuan. Perempuan menjadi kekuatan  media untuk menarik perhatian masyarakat. Bagi media massa tubuh perempuan seolah aset terpenting yang harus dimiliki oleh media untuk memperindah suatu tayangan yang akan disajikan kepada masyarakat sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

     Media massa memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai wadah untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Informasi yang diberikan kepada masyarakat salah satunya dalam bentuk iklan sebuah produk atau layanan jasa . Iklan merupakan sebuah informasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai hal yang berhubungan dengan suatu produk atau jasa yang dikemas dengan semenarik mungkin.  Memiliki tujuan untuk menarik minat konsumen membuat salah satu pihak menjadi dirugikan . Pasalnya pemasang iklan dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat sering kali memanfaatkan perempuan sebagai objek  utama untuk memikat para konsumen. Memanfaatkan wajah dan bentuk tubuh sebagai cara untuk menarik perhatian masyarakat membuat citra perempuan yang dimuat pada iklan terus menjadi sumber perdebatan karena dinilai menjadikan tubuh perempuan sebagai nilai jual atas produk yang ditawarkan . Ironisnya hal ini terus menerus dilakukan. 

         Memanfaatkan fisik sebagai objek untuk diekploitasi sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Terlihat dari citra perempuan yang digambarkan oleh tayangan iklan ataupun acara program televisi. Kecantikan perempuan dijadikan sebagai penghias tampilan dari suatu program acara. Dipoles sedemikian rupa untuk mendapatkan tampilan yang cantik kemudian dikonsumsi oleh publik. Demi untuk mengedepankan kepentingan media bahkan hak hak perempuan yang seharusnya dimiliki mereka dikesampingkan oleh media .  

     Selain sebagai wadah informasi untuk masyarakat media massa juga berfungsi sebagai hiburan.. Tayangan televisi yang sampai saat ini menempati rating tertinggi yaitu dalam kategori sinetron. Gambaran dalam tayangan tersebut banyak yang melibatkan perempuan dengan menggambarkan posisi perempuan selalu dibawah laki-laki. Tidak terlalu memperhatikan  pesan tersirat apa yang terkandung dalam tayangan tersebut, masyarakat terus-menerus mengkonsumsinya seolah tayangan tersebut tidak memiliki pesan yang bermasalah. Jika diperhatikan lebih lanjut banyak sekali peran perempuan yang digambarkan dari sisi lemahnya atau hanya melakukan pekerjaan domestik saja. Dengan begitu apa yang disajikan oleh media akan tertanam difikiran mereka sehingga menganggap pesan media massa sebagai realitas yang benar dan menjadi nilai yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 Kekuatan Media Massa Dalam Membentuk Citra Perempuan

      Media massa memiliki kemampuan dalam membentuk citra . Bermula dari gambaran atas kenyataan yang ada dimasyarakat kemudian dikembangkan dengan menggunakan bahasa yang mengandung makna baru  namun masih memiliki acuan terhadap fakta yang ada kemudian disajikan kepada masyarakat secara terus menerus.  Dengan begitu citra yang dibentuk oleh media massa akan mempengaruhi realitas kehidupan dimasyarakat. Mengingat minat masyarakat terhadap objektifikasi perempuan cukup tinggi, media massa berlomba-lomba membentuk citra perempuan yang sempurna untuk mencapai target pasar dengan menggiring opini publik dalam menetapkan standar ‘cantik’ menurut media. Perempuan kerap kali dijadikan alat oleh media massa sebagai ladang untuk mendapatkan keuntungan dengan menampilkan kemolekan dan kecantikan fisiknya. Konstruksi sosial pada citra perempuan yang terjadi pada media massa bukan lagi hal baru dan tabu, fenomena ini terus berulang seolah menjadi kebenaran dalam mengkotakkan citra perempuan. 

     Selain itu pembenaran yang terus dilanggengkan oleh media massa terkait citra perempuan menjadikan sudut pandang masyarakat berkiblat pada standar yang digaungkan media massa tersebut sehingga menjadi salah satu agen budaya yang berpengaruh terhadap realita di kehidupan masyarakat.  Penggambaran terhadap perempuan oleh media massa semakin memperjelas bahwa posisi perempuan diranah publik masih lemah.

Continue Reading

Who is Online

No one is online right now

Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending

Mari bergabung bersama Mitra Wacana

Silahkan bergabung dan menjadi bagian dari Mitra Wacana.
Akan ada penghargaan untuk tulisan yang terpilih.
Terima Kasih

Gabung