Connect with us

Berita

Talkshow Sinau Sareng #6 Konstruksi Perempuan dalam Media Massa

Mitra Wacana WRC

Published

on

This post is also available in: Indonesia

Perempuan saat ini sering mengalami ketidakadilan gender seperti marginalisasi, sub ordinasi, beban ganda dan stereotip. Hal ini ditambah lagi dengan adanya tanyangan dari media massa yang selalu menampilkan perempuan yang berperan di wilayah domestik dan mengkonstruk pandangan masyarakat bahwa perempuan harus bekerja dirumah. Selain itu dengan adanya tayangan tersebut perempuan juga selalu dianggap kaum lemah yang berada di bawah kendali laki-laki dan tidak bisa berdiri tegak tanpa peran aktif seorang laki-laki

Di Sinau Sareng #6 kali ini, Mitra Wacana mengangkat tema ” Konstruksi Perempuan dalam Media Massa” dengan narasumber Septia Annur Rizkia dan Yosi Hermanto Volunteer Mitra Wacana pada Jum’at, 27 Desember 2019 jam 15.00-16.00 WIB di Studio Mitra Wacana.

Sinau Sareng #6 akan live streaming di Facebook Mitra Wacana dan Instagram @mitra_wacana_official

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Mitra Wacana adakan Edukasi PTPPO (Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang) di balai desa Hargorejo, Kulon Progo

Mitra Wacana WRC

Published

on

This post is also available in: Indonesia

Minggu (16/2/2020), Mitra Wacana mengadakan sosialisasi PTPPO (Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang) di balai desa Hargorejo, Kulon Progo.

Acara ini dihadiri oleh P3A Sekar Melati dan karang taruna desa Hargorejo yang berasal dari karang taruna unit (dusun) dengan rentang usia 18 sampai 30 tahun sebagai calon tenaga kerja. Sebagai pembicara yaitu Bu Sri Purwanti, S.E dari BP3TKI DIY dan Muhammad Mansur dari Mitra Wacana. Acara tersebut mengupas tentang proses perekrutan dan penempatan tenaga kerja dan tentang perdagangan orang.

Dalam acara tersebut juga disampaikan peranan desa dalam proses perekrutan dan penempatan adalah untuk memberikan akses kepada warga desa terkait syarat administrasi kerja keluar negeri, informasi lowongan kerja dari disnaker, dan pendataan warga desa yang bekerja merantau keluar desa.

Sementara itu peranan komunitas warga desa seperti Karang Taruna dan P3A adalah mengkampanyekan mengenai proses perekrutan sampai penempatan tenaga kerja agar terhindar dari perdagangan orang (trafficking).

Perlu diketahui Kulonprogo adalah kabupaten dengan angka Pekerja Migran tertinggi se-DIY. Dan pembangunan kota bandara dengan infrastrukturnya akan mengubahnya menjadi kota industri yang menunjang pariwisata yang rentan akan praktek perdagangan orang. Sehingga diupayakan tindakan pencegahan perdagangan orang dengan pembinaan dan pemberdayaan masyarakatnya akan meminimalisir hal tersebut.

Credit foto : Restu Baskara

 

 

 

Continue Reading

Trending