Log In

Mitra Wacana Gelar Lokalatih Penghapusan KDRT

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mitra Wacana menggelar lokalatih penghapusan kekerasan dalam rumah tangga di Desa Ngaran Kecamatan Kaligesing, Desa Grabag Kecamatan Grabag, dan di Kelurahan Sindurjan Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini diikuti oleh para ibu rumah tangga dan sejumlah kaum priya yang peduli terhadap penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Lokalatih dilakukan dalam bentuk ceramah, diskusi, pemutaran film, dan berbagai solusi terkait dengan penghapusan KDRT. Di Kabupaten Purworejo menurut Tatik Istiawatun Khasanah dari Mitra Wacana Jogya, tingkat KDRT cukup tinggi, bahkan tertinggi di Jawa Tengah.

“Padahal Jawa Tengah kasus KDRT tertinggi di Indonesia,” katanya pada lokalatih KDRT di Gedung Pertemuan Kelurahan Sindurjan, Sabtu (28/1).

Namun demikian Tatik Istiawatun Khasanah menilai bahwa tingginya tingkat KDRT di Purworejo ini hanya berdasar data yang diapat. “Sangat mungkin di daerah lain bisa lebih tinggi, namun tidak dilaporkan,” jelasnya.

Di Purworejo katanya, pada tahun 2011 terdapat kasus KDRT sebanyak 65 kasus. Sedang tahun 2012 ini sudah tercatat ada 6 kasus. “Kasus yang masuk daftar ini belum termasuk sejumlah kasus yang dipaparkan para peserta melalui diskusi karena tidak dilaporkan,” katanya seraya menyebut, data yang dimilikinya secara nasional kasus KDRT mencapai angka 143.566 kasus pada tahun lalu, yang mayoritas menimpa kaum perempuan dan anak-anak. (Nar)

Sumber: http://krjogja.com/read/116549/mitra-wacana-gelar-lokalatih-penghapusan-kdrt.kr

Tagged under
0 comments