Log In

Pengembangan Ekonomi Pasca Migrasi

Adalah mbak Supartinah seorang mantan pekerja migran yang bersedia sharing pengalamannya dalam acara talkshow di radio Mbak Supartinah bersama mbak Septi dan mbak Umi talkshow di EltiraEltira pada jumat 15 Agustus 2014. Pengalaman beliau dalam mengelola remiten hasil jerih payahnya digunakan untuk usaha salon cukup memotivasi para pendengar Eltira, terbukti ada 9 respon pertanyaan dari para pendengar Eltira.

Kiriman uang atau remiten dari orang yang sudah pernah bekerja di luar negeri atau sering disebut buruh migran, sebenarnya cukup besar. Namun kadang tidak berdampak cukup signifikan pada kehidupan ekonominya. Besarnya pengiriman remitansi belum didukung oleh kesiapan dan kapasitas buruh migran itu sendiri beserta keluarganya dalam memanfaatkan remitansi tersebut untuk usaha produktif yang bisa menjadi sumber penghasilan ekonomi keluarga. Sebagian besar remitan digunakan untuk mencukupi kebutuhan konsumsi sepertipemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Pemanfaatan lainnya adalah membangun rumah dan membayar hutang atau untuk kebutuhan sekolah anak. Persentase buruh migran yang menggunakan remitan untuk kegiatan produktif sudah ada meskipun belum banyak.

Penggunaan remiten untuk usaha produktif sangat diharapkan untuk pengembangan ekonomi keluarga sehingga para mantan buruh migran ini tidak perlu keluar negeri kembali untuk menjemput rejekinya. Salah satu penyebab masih rendahnya pemanfaatan remitensi untuk kegitan ekonomi produktif ini adalah terbatasnya pengetahuan dan perencanaan pengelolaan keuangan serta tidak familiarnya keluarga dengan kegiatan prduktif.

Usaha pengembangan ekonomi dengan pemanfaatan remiten ini akan berlangsung jika disiapkan dari awal pemberangkatan, ada dukungan keluarga dalam mengelola pengiriman uang dan melakukan kegiatan produktif serta adanya peltihan untuk meningkatkan kemampuan dalam usaha ekonomi produktif.

Tagged under